Nih Lompat Galah (Lengkap): Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

Materi Penjasorkes Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas perihal Atletik. Meliputi: pengertian, sejarah, dan teknik dasar.

Lompat galah atau yang biasa disebut dengan pole vault ialah olahraga sudah cukup populer di Indonesia maupun dunia. Olahraga ini tidak di praktekkan disekolah - sekolah alasannya terlalu beresiko mengalami cedera.

Kurang afdol jikalau anda hanya mengetahui segitu saja mengenai lompat galah, alasannya olahraga yang satu ini mempunyai sejarah dan teknik - teknik dasar dalam melakukannya.

 Lompat galah atau yang biasa disebut dengan pole vault ialah olahraga sudah cukup terken Nih Lompat Galah (LENGKAP): Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar


Pengertian Lompat Galah

Beberapa info yang kami dapatkan dari aneka macam referensi, sanggup kami simpulkan pengertian lompat galah secara umum adalah:

Lompat Galah ialah salah satu cabang olahraga dari atletik dengan cara melompat setinggi – tingginya dengan sebuah alat berupa tongkat. Tujuan dari olahraga ini memenangkan pertandingan dengan melaksanakan lompatan melewati pembatas atau mistar.

Lompat galah juga mempunyai sejarah penting untuk anda ketahui. Ingin tahu lebih lengkapnya perihal sejarah lompat galah? Berikut penjelasannya.

Sejarah Lompat Galah


Tidak banyak yang diketahui dari sejarah lompat galah. Tapi, dari beberapa sumber – sumber dan info yang kami dapatkan, para pakar olahraga mengungkap secara terang perihal sejarah lompat galah.

Sudah dipastikan bahwa olahraga lompat galah berasal dari benua Eropa, tepatnya di sebuah negara yang mempunyai julukan Negeri Tulip, yaitu Belanda. Olahraga ini berawal semenjak kala ke – 13 yang pada ketika itu, masyarakat menyeberangi parit – parit besar dengan menggunakan sebuah bambu atau kayu.

Kemudian, cara menyeberangi menyerupai itu mulai jarang bahkan tidak pernah dipakai lagi oleh penduduk Negeri Kincir Angin tersebut. Pada tahun 1843, pertandingan lompat galah diadakan di negara Inggris. Tidak diketahui siapa nama penerima yang meraih juara dipertandingan tersebut, tapi rekor lompatan terjauh pada ketika itu ialah 3, 3 meter.

Dipertandingan itu, para penerima menggunakan alat berupa bambu dan juga kayu dengan ujung yang dipertajam biar sanggup menancap pada tanah. Kompetisi lompat galah itu diadakan di lapangan sepak bola biar mengurangi resiko cedera alasannya mendarat di kawasan berumput.

Seiring berjalannya waktu, zaman pun semakin canggih. Pada tahun 1896, lompat galah resmi masuk pada kompetisi olimpiade atletik. Alat yang dipakai pun tidak lagi menggunakan bambu, namun terbuat dari fiberglass atau serat karbon.

Teknik Dasar Lompat Galah


1. Teknik Memegang Galah

  • Letakkan tangan kiri anda di depan dengan punggung telapak tangan mengarah ke atas. Letakkan jari tangan disamping kanan bab kanan, kecuali jari jempol. Jari jempol diletakkan di bab bawah.
  • Melipat siku asisten sekitar 90 derajat dan letakkan asisten di belakang badan.
  • Pegang bersahabat galah tapi dengan kondisi tangan rileks.
  • Tekan galah ke bawah dengan menggunakan asisten hingga posisi asisten lebih rendah dari pada tangan kiri.
  • Pegang galah setinggi pinggang, yaitu berada pada posisi diantara pegangan tangan kiri dan tangan kanan.
  • Badan harus dicondongkan ke arah depan dan perilaku pundak datar.

2. Teknik Awalan

  • Jika anda masih pemula atau gres mencoba olahraga ini, kami sarankan tidak terlalu memaksakan. Jarak awalan yang cocok ialah 25 meter hingga 30 meter.
  • Dalam melaksanakan awalan, tidak perlu tergersa – gesa, harus dilakukan secara sedikit demi sedikit serta diikuti dengan gerakan free wheeling sebelum menancapkan galah.
  • Pegang dengan bersahabat dan galah diharuskan untuk damai dan tidak bergerak pada ketika anda sedang berlari.
  • Pandangan harus fokus ke mistar dan galah diposisikan lurus ke arah depan dengan tinggi ujung galah melebihi tinggi kepala.
  • Rendahkan galah secara sedikit demi sedikit kemudian tusuk ujung galah pada lubang yang telah disiakan oleh juri.

3. Teknik Menancapkan dan Bertumpu

  • Pegang galah dengan kedua tangan dan tancapkan di lubang yang telah disiapkan. Pada ketika ujung galah sudah ada di dalam lubang, gerakkan tangan kiri ke arah genggaman tangan kanan.
  • Angkat kaki sebelah kanan dan arah kan kedua tangan ke atas dengan menolak dengan berpengaruh kaki kiri pada papan yang telah disediakan.
  • Luruskan asisten pada ketika kaki sudah tidak menyentuh tanah.

4. Teknik Melewati Mistar

  • Lakukan pijakan menggunakan kaki kiri yang disertai dengan tangan pada galah supaya tubuh sanggup terangkat ke atas.
  • Apabila setengah tubuh anda sudah melewati mistar, lepaskan galah yang anda pegang dengan diawali melepas tangan kiri terlebih dahulu, kemudian tangan kanan.

5. Teknik Pendaratan

Teknik ini bekerjsama tidak terlalu susah dilakukan, banyak atlet yang melaksanakan pendaratan dengan duduk, dan tidak sedikit pula dengan keadaan terlentang. Agar mengurangi resiko cedera, pendaratan dilakukan dengan menggunakan kasur dari materi spon. Tapi terkadang ada juga yang menggunakan pasir.

: LOMPAT JAUH [LENGKAP]: Sejarah, Teknik Dasar, Gaya, Pengertian


Demikianlah artikel hari ini perihal Lompat Galah (LENGKAP): Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini biar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=lompat-jauh-sejarah-teknik-gaya-pengertian
https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=lompat-jauh-sejarah-teknik-gaya-pengertian
https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=lompat-jauh-sejarah-teknik-gaya-pengertian

0 Response to "Nih Lompat Galah (Lengkap): Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.