Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [Lengkap]

Teknik dasar permainan Softball - Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain softball beserta gambarnya.

Adapun beberapa tekniknya meliputi: cara memegang bola, cara melempar bola, cara menangkap bola, teknik memegang alat pemukul (bat), teknik memukul bola softball, teknik berlari ke base atau antar base dan teknik sliding atau meluncur.

Untuk mengingatkan kalian kembali perihal apa yang dimaksud permainan softball. Pengertian softball atau sofbol yakni olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Berikut ini cara bermain softball lengkap.

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]



1. Teknik dasar Softball memegang bola


Dalam teknik melempar bola juga dipengaruhi oleh pegangan dalam memegang bola softball adapun macam-macam pegangan dala memegang bola softball yaitu:
Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Pegangan Empat Jari atau Four Finger Grip

Cara memegang bola dengan empat jari ini yakni dengan menempelkan kelima bab jari pada sekeliling bola sedemikian rupa sehingga menjadi satu genggaman.

Hasil lemparan menggunakan teknik genggaman ini menghasilkan bola putaran samping sehinga arah bola ke samping luar.

Pegangan Dua Jari atau Two Finger Grip

Cara memegang bola dengan dua jari yakni salah satu bentuk pegangan bola dengan menempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bab atas bola, dengan disangga oleh ketiga jari lainnya.

Pegangan ini menghasilkan putaran bola ke arah belakang atau back spin sehingga lintasan jalannya bola mendatar alasannya imbas putaran bola ke belakang.

Pegangan Tiga Jari atau Three Finger Grip

Cara memegang bola tiga jari yakni suatu bentuk pegangan terhadap bola dengan menempatkan atau meletakkan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah dan jari bagus dan disangga dengan jari kelingking dan ibu jari di bab bawah bola.

Lintasan jalannya bola mendatar dengan putaran bola ke arah belakang alasannya imbas lecutan ketiga jari tersebut.

Menurut Endang Widyastuti (2013:17) Teknik pegangan tersebut merupakan modal atau aset dasar biar menerima hasil lemparan yang baik. Kekuatan atau power, kecepatan, arah bola dan ketepatan sasaran menjadi unsur utama yang harus diperhatikan dalam melaksanakan lemparan


2. Teknik dasar Softball melempar bola

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Menurut Endang WIdyastuti (2013:17) teknik melempar merupakan bab yang sangat penting dalam permainan softball.

Teknik melempar bola dalam permainan softball dilakukan harus dengan memenuhi unsur utama yang harus diperhatikan dalam melaksanakan gerakan melempar bola softball yaitu kekuatan (power), kecepatan melempar, arah bola dan ketepatan sasaran

Ada 4 (empat) jenis teknik melempar yaitu lemparan atas atau overhand throw, lemparan bawah atau under hand toss, lemparan samping atau side hand throw, dan lemparan dengan lecutan.

Adapun jenis-jenis teknik lemparan bola softball yaitu:

Teknik Lempar Atas atau Overhand Throw

Lemparan ini disebut lemparan atas alasannya sesuai dengan gerak ayunan tangan lengan dilakukan ke atas melewati garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik lempar atas memungkinkan bola dilempar dengan kuat, sehingga mempunyai kecepatan tinggi, lemparan ini biasanya dipakai untuk melempar bola ke arah sasaran yang terbilang jauh (Endang Widyatusti, 2013:19)

Teknik Lemparan Bawah atau Under Hand Toss

Lemparan bawah yakni suatu lemparan yang dilakukan dengan cepat, dilakukan dalam jarak bersahabat dengan tujuan biar sanggup mematikan lawan dengan cepat.

Gerak lemparan tidak terlalu berpengaruh atau relatif lambat sesuai dengan jarak kedua pemain, sehingga bola lambat tetapi sempurna pada sasaran (Endang Widyatusti, 2013:20).

Teknik Lemparan Samping atau Side Hand Throw

Lemparan samping biasanya dipakai dalam jarak pendek yang memerlukan
waktu cepat, lintasan bola dalam lemparan samping bergerak lurus dan lebih cepat mencapai sasaran.

Lemparan ini biasanya dipergunakan pemain in field yang membutuhkan kecepatan dan keakuratan bola (Endang Widyastuti, 2013:21).

Teknik Lemparan dengan lecutan

Unsur utama yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan gerakan melempar bola softball antara lain: kecepatan, ketepatan, melempar dan jalannya bola serta fasilitas untuk melaksanakan gerakan lemparan.

Melakukan gerakan melempar yang benar tidak lepas dari fase-fase yang harus dilakukan. Gerakan melempar sanggup dibagi menjadi 4 fase yaitu posisi siap berdiri, gerak awalan, gerakan melempar dan gerakan lanjutan.

3. Teknik dasar Softball menangkap bola

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Menurut Endang Widyastuti (2013:25) Menangkap yakni suatu perjuangan yang dilakukan oleh pemain untuk sanggup menguasai bola dengan tangan yang menggunakan glove dari hasil pukulan maupun hasil lemparan sobat dengan tujuan mematahkan serangan lawan atau mematikan pelari.

Ketrampilan ini perlu dimiliki dan dilatih terhadap pemain biar sanggup bermain dengan baik. Salah satu faktor terpenting dalam menangkap bola softball, yakni bahwa pemain tersebut harus tetap berkonsentrasi dan mengamati bola yang sedang bergerak dalam permainan (Dell Betthel, 1993:17).

Menangkap bola intinya ada tiga jenis yaitu

Menangkap bola lurus/datar 

Cara menangkap bola datar atau straight ball dengan posisi tubuh berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada.

Bola ditangkap dengan tangan kiri yang menggunakan glove dan ajun siap melempar bola.

Menangkap bola lambung

Cara menangkap bola lambung atau fly ball yaitu dengan posisi tubuh ditempatkan sempurna di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

Menangkap bola gulir atau menggelinding

Cara menangkap bola gulir atau groundball yaitu bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang menggunakan glove ditempatkan pada arah datangnya bola.

Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melempar bola.

4. Teknik dasar Softball memegang alat pemukul (bat)

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Cara memegang alat pemukul baseball perlu diperhatikan adalah, alat pukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan merapat atau sediki renggang dengan posisi ajun di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

Adapun macam-macam teknik memegang kayu pemukul dalam permainan softbol dibagi menjad 3 (tiga) yaitu pegangan bawah, pegangan tengah, dan pegangan atas.


5. Teknik dasar Softball memukul bola

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Memukul yakni salah satu teknik dalam softball yang dilakukan oleh regu penyerang, dengan melaksanakan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher (Endang Widyastuti, 2013:28).

Pada teknik memukul terdapat satu gerak yang kompleks, alasannya didalamnya diharapkan koordinasi dan pengamatan, pengambilan keputusan untuk memukul, kecepatan dan kekuatan untuk memukul lemparan pitcher dengan kecepatan yang belum diketahui.

Memukul bola yakni suatu ketrampilan yang sukar dilakukan sehingga setiap pemain softball dituntut harus selalu membuatkan ketrampilan koordinasi antara tangan, mata dan pengamtan yang diharapkan untuk memukul bola.

Oleh alasannya itu, penguasaan teknik memukul bola bagi seorang pemain khususnya bagi regu penyerang harus dikuasai dengan baik dan benar, bola yang dipukul harus bola yang melewati strike zone atau dengan ketinggian setinggi lutut hingga dada pemukul.

 6. Teknik dasar Softball berlari ke Base atau antar Base


Teknik berlari ke base dalam permainan softball dilakukan sehabis pemain (batter) memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher, batter harus menggunakan lari cepat atau sprint.

Dengan teknik lari sprint berlari dengan ujung kaki, ayunan lengan tidak tegang, tubuh condong ke depan dan paha diangkat tinggi.

Jika akan melewati lebih dari satu base atau terjadi home run pelari mengambil tikungan sebaiknya tidak terlalu bersahabat dengan base tetapi kurang lebih 2-4 meter sudah melaksanakan lari menikung (Endang WIdyastuti, 2013:33).

7. Teknik dasar Softball sliding atau meluncur

Sesuai dengan judul kita hari ini akan membahas teknik dasar bermain  Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]

Sliding yakni teknik gerakan meluncurkan tubuh untuk mencapai ke base yang tuju dengan tidak mengurangi kecepatan dengan kaki atau tangan terlebih dahulu berusaha menyentuh base.

Tujuan melaksanakan sliding yakni sanggup mencapai base tanpa mengurangi kecepatan dan menghindari ketikan atau sentuhan lawan dengan cara menjatuhkan diri, memegang base dengan kaki atau tangan terlebih dahulu (Endang Widyastuti, 2013:34).

 : Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peralatan


Demikianlah artikel hari ini perihal 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini biar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

 
Referensi: lib.unnes.ac.id/20850/1/6211411081-S.pdf
https://satujam.com/teknik-dasar-permaianan-softball/
https://gustiarab.files.wordpress.com/2013/05/softball-kelas-x-1.pdf

Sumber gambar: http://pesmanitra.blogspot.com

http://sport.10terbaik.com

https://olahragapedia.com

http://sakersomu.blogspot.com

http://pusatinformasi212.blogspot.com

0 Response to "Nih 7 Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya [Lengkap]"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.