Nih 10+ Pengertian Senam Umum Berdasarkan Para Hebat [Lengkap]

Apakah pengertian senam secara umum? Pertanyaan yang mungkin sedang kalian cari. Pas sekali Anda melihat artikel ini, akan membahas artikel perihal definisi senam berdasarkan para ahli.

Senam yakni istilah atau nama dari suatu cabang olahraga. Senam merupakan acara jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Gerakan-gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, ibarat kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bab tubuh.

Selain itu, senam juga berpotensi sanggup menyebarkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.

Senam dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan eksklusif dari bahasa Belanda "gymnastiek", bahasa Inggris "gymnastics", dan "ghymnastiek" asal kata dari "gymnos" bahasa Greka.

Ada beberapa definisi perihal senam yang kami kutip pernyataan atau pendapat beberapa andal dari banyak sekali sumber yang ada.

Definisi Senam Menurut Pendapat Ahli

 Pertanyaan yang mungkin sedang kalian cari Nih 10+ Pengertian Senam Umum Menurut Para Ahli [LENGKAP]


#1 Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Definisi senam berdasarkan Imam Hidayat sebagai "suatu latihan badan yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terpola disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesejukan jasmani, menyebarkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spritual."

#2 Muhajir (2006:70)

Senam yakni olahraga dengan gerakan-gerakan latihan fisik secara sistematis, dan dirangkai secara keseluruhan dengan tujuan membentuk dan menyebarkan kepribadian secara harmonis.

#3 Peter H Werner dalam Muhajir (2006:70)

Menurut Peter H Werner, senam ialah latihan badan pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri."

#4 Muhajir (2006:71)

Senam yakni kegiatan utama paling bermanfaat untuk menyebarkan komponen fisik dan komponen gerak.

#5 Margono (2009:19)

Menurut Margono, senam yakni latihan badan yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan menyebarkan pribadi secara harmonis.

#6 Agus Mahendra

Menurut Agus Mahendra, pengertian senam yakni bentuk latihan badan pada lantai atau memakai alat tertentu, yang dilaksanakan guna meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelincahan, koordinasi, kelenturan, dan kontrol tubuh.

#7 Madijono (2010:1)

Menurut Madijono, pengertian senam yakni setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terpola untuk mencapai tujuan tertentu.

#8 Sutrisno dan Khafadi (2010:60)

Menurut Sutrisno dan Khafadi, senam yakni setiap bentuk latihan fisik yang disusun sistematis dengan melibatkan gerakan terpilih dan terpola untuk mencapai tujuan tertentu.

#9 Wuryati Soekarno dalam Siti Nurjanah

Menurut Wuryati Soekarno, senam merupakan latihan badan yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun sistematis dengan tujuan membentuk dan menyebarkan pribadi secara keseluruhan dengan harmonis.

#10 G. Frank

Definisi senam berdasarkan G. Frank yakni sejumlah gerak latihan yang luas dan menyeluruh, yang sanggup membangun atau membentuk otot badan ibarat otot tangan, punggung, dan lain sebagainya.

#11 Anandita

Menurut Anandita, senam yakni acara fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri ataupun sebagai laihan untuk cabang olahraga lainnya.

: Pengertian dan Macam-Macam Senam Artistik


Demikianlah artikel hari ini perihal 10+ Pengertian Senam Umum Menurut Para Ahli [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini semoga berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Nih 10+ Pengertian Senam Umum Berdasarkan Para Hebat [Lengkap]"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.