Nih Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)

Menurut sejarah sepak bola yang pernah ditelusuri, permainan sepak bola dimulai semenjak peradaban kuno Romawi, Cina dan Yunani.

Pada masa pertengahan, sepak bola lalu dimainkan dengan jumlah pemain yang tak terbatas. Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola tersebut yaitu bola yang terbuat dari kulit hewan atau usus.

Pada masa ke-20, permainan sepak bola lalu mulai mempunyai peraturan-peraturan resmi untuk sanggup membuat permainan yang sanggup dinikmati oleh masyarakat dunia.

Sejarah sepak bola terbagi atas dua cuilan yakni sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern.

: Teknik Dasar Bermain Sepak Bola [LENGKAP+Gambarnya]


Awal mula Sepak Bola Dunia

 permainan sepak bola dimulai semenjak peradaban kuno Romawi Nih Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)


Sejarah Sepak Bola Cina


Sejarah sepak bola kuno awal mulanya berasal dari negeri Tiongkok pada masa ekspresi dominan semi dan ekspresi dominan gugur, catatan tertua mengenai sepak bola ditemukan pada masa dinasti Tsin  (255-206 SM).

Dalam permainan sepak bola tersebut, jumlah pemain satu tim terdiri dari 6 orang , bola terbuat dari kulit hewan yang diisi rambut berdiameter 40 cm untuk jaringnya setinggi 10,5 m yang ditancapkan di tengah lapangan yang dikelilingi tembok.

Sepak bola dikala itu bertujuan semoga para tentara Cina tetap terlatih fisiknya sekaligus menjadi hiburan dikala perayaan ulang tahun kaisar, adapun permainan sepak bola yang ada pada dikala itu disebut sebagai tsu chu.

Sejarah Sepak Bola Inggris


Di Inggris sepak bola mulai dikenal sekitar masa ke 8. Namun, pada masa Raja Edward  April 1314 pemerintah Inggris melarang permainan tersebut, alasannya yaitu begitu banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal yang tidak mempunyai hukum yang begitu jelas.

Pada tahun 1369 Raja Edward III lalu mencabut larangan tersebut dan kembali mengizinkan permainan sepak bola.

Walaupun sudah kembali diizinkan, rupanya menerima larangan kembali oleh Ratu Elizabeth I di tahun 1572. Pelarangan tersebut dikeluarkan tanpa ada kompromi dengan disertai hukuman keras yang dimana barang siapa melaksanakan permainan sepak bola maka akan dieksekusi penjara.

Hingga balasannya angin segar berhembus pada simpulan tahun 1680-an, Raja Charless II segera mencabut larangan tersebut dan sekaligus memperlihatkan pertolongan kepada siapapun yang ingin melaksanakan permaiann sepak bola di Inggris.

Di Yunani, permainan sepak bola telah dikenal 800 tahun SM dengan nama episkyro dan bharpastron, sedangkan di Jepang permainan sepak bola disebut sebagai "kemari".

Perkembangan Sepak Bola Dunia


Pada tahun 1580 Brovani Bahdi dari Italia dan Richard Mulcaster dari Inggris membukukan serentetan hukum sepak bola.

200 tahun lalu Yoseph Strutt menyempurnakan hukum tersebut, sepak bola harus dimainkan 2 tim yang berebut bola untuk memasukannya ke gawang lawan yang terpisah jarak 70-90 meter.

Pada tahun 1863 peraturannya kembali disempurnakan lagi selain ada wasit, luas lapangan dan jumlah pemain di batasi. Sepak bola juga hanya menggunakan kulit hewan yang diisi oleh udara (Ina Hasanah 2009:3).

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

 permainan sepak bola dimulai semenjak peradaban kuno Romawi Nih Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)
tribunnews.com

Sedangkan di Indonesia, berawal dari induk organisasi sepak bola di Indonesia berjulukan PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) dibuat pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Pendiri PSSI berjulukan Suratin Sosro Soegondo, ia merupakan alumni mahasiswa sekolah teknik tinggi di Heckelenburg Jerman, sepulangnya dari Jerman tahun 1928 ia bersama teman-temannya mendirikan PSSI.

Soeratin melihat sepakbola merupakan wahana terbaik untuk nasionalisme di kalangan pemudia sebagai tindakan untuk menentang penjajahan. (Ina Hasanah, 2009:7)

Sejarah Sepak Bola Modern

 permainan sepak bola dimulai semenjak peradaban kuno Romawi Nih Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)
kosovapress.com

Sejarah sepakbola modern dimulai di Inggris, ditandai dari berdirinya organisasi yaitu Football Association lewat pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepakbola di Inggris di Football Association Freemason's Tavern (London-Inggris).

Pada pertemuan tersebut, ditetapkan seri peraturan tunggal bermain sepak bola. Kemudian, peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Selanjutnya, keempat asosiasi tersebut akan membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk sanggup mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan pesepakbolaan dunia, maka lahirlah Federation International de Football Association (FIFA). Fifa didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.

Sebuah pertemuan yang telah digagas oleh dua tokoh sepak bola yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet tersebut lalu dihadiri oleh tujuh negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan Belanda.

Negara-negara tersebut ditetapkan menjadi anggota FIFA yang pertama dimana diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis.

: Peraturan Permainan Sepak Bola [LENGKAP] Berdasarkan FIFA


Demikianlah artikel hari ini ihwal Rangkuman Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern). Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini semoga berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Referensi: digilib.unila.ac.id/13805/3/bab%202.pdf
repository.unpas.ac.id/11973/4/BAB%20II.pdf

0 Response to "Nih Sejarah Singkat Sepak Bola (Dunia, Indonesia, Modern)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.