Nih 5 Peraturan Dan Manfaat Lempar Lembing [Lengkap]

Materi Penjasorkes Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas wacana Lempar Lembing. Meliputi: peraturan dan manfaat.

Berbicara soal lempar lembing, pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian, sejarah dan teknik dasar. Olahraga ini tidak sembarang asal lempar saja, namun harus disertai dengan teknik yang benar semoga menghasilkan lemparan yang jauh. Di samping itu, lempar lembing juga mempunyai peraturan dan banyak manfaat bagi tubuh. Untuk lebih detailnya, baca penjelasannya di bawah ini.

 pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian Nih 5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]


Peraturan Lempar Lembing


1. Ukuran Lapangan


 pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian Nih 5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]
  • Lintasan awal dibatasi oleh sebuag garis yang mempunyai ukuran 5 cm yang terpisah dengan jarak 4 m. Minimal, panjang sebuah lintasan yang diperlukan paling minimal 30 m dan maksimal 36, 5 m.
  • Lengkung pada lemparan terbuat dari materi kayu yang diubah warnanya menjadi putih dengan panjang 7 cm.
  • Sudut lemparan tercipta dari dua garis yang sengaja dibentuk dari titik sentra lengkung lemparan yang mempunyai sudut 29 – 30 derajat.

2. Alat Lempar

 pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian Nih 5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]
Lembing ialah alat yang dipakai sebagai media lempar dalam lempar lembing. Untuk ukuran panjang lembing putra berukuran 2, 6 m sampai 2, 7 m. Sedangkan untuk putri 2, 2 m sampai 2, 3 m. Lembing terdiri dari 3 bagian, yaitu mata terbuat dari materi metal, tubuh terbuat dari kayu, dan pegangan yang dililitkan oleh tali semoga mempermudah dalam melempar.

3. Jumlah Wasit

Dalam pertandingan resmi lempar lembing, ada dua wasit yang bertugas mengatur jalannya sebuah kompetisi. Yaitu juri 1 dan juri 2. Juri 1 bertugas untuk mengawasi dan memperhatikan lemparan para penerima sah atau tidak sah. Sedangkan juri 2 bertugas untuk mengukur hasil dari lemparan para peserta.

4. Penentuan Kemenangan

Untuk memilih siapa yang memenangkan sebuah kompetisi lempar lembing, dilihat dari seberapa jauh penerima itu melempar. Siapa yang paling jauh melempar, ia yang akan menang, tapi harus disertai dengan teknik yang benar.

5. Aturan Pertandingan

Terdapat beberapa hukum yang berlakuk dalam kompetisi lempar lembing, diantaranya:
Dalam melaksanakan sebuah lemparan, para atlet di wajibkan memegang bab lilitan tali yang sudah dibuat.
  • Para atlet diwajibkan melempar dengan posisi selesai lembing menancap pada tanah.
  • Lemparan diulangi lagi apabila pada dikala melempar, kaki para atlet menyentuh garis pembatas.
  • Para atlet diwajibkan melempar melewati atas bahunya.
  • Dalam pertandingan resmi, jumlah lemparan yang diperbolehkan hanya 3 kali saja. Lemparan yang benar dan paling jauh, itu yang diambil.
  • Para atlet dilarang meninggalkan lapangan sebelum perintah dari juri.

Manfaat Lempar Lembing


1. Membuat Tubuh Lentur

Hal yang paling diperlukan dalam olahraga lempar lembing ialah kekuatan tangan dan teknik. Tapi untuk memaksimal lemparan juga diperlukan kelenturan tubuh. Dengan melaksanakan latihan olahraga ini secara rutin, akan meningkatkan kelenturan tubuh terutama tangan semoga mempermudah dalam melaksanakan aktifitas sehari – hari.

2. Meningkatkan Otot Tubuh

Olahraga yang satu ini memerlukan seluruh anggota tubuh untuk memaksimalkan lemparan, dari kepala sampai kaki. Jika melaksanakan latihan lempar lembing secara terus – menerus, akan menguatkan otot – otot anda terutama bab tangan.

3. Menambah Daya Tahan Tubuh

Dalam kehidupan sehari – hari, anda membutuhkan tenaga untuk melaksanakan aktifitas. Apalagi jikalau acara yang anda lakukan berat, tentunya membutuhkan tenaga ekstra untuk menyelesaikannya. Untuk meningkatkan tenaga, anda sanggup melaksanakan olahraga lempar lembing. Karena dengan olahraga ini, sanggup meningkatkan kekuatan otot – otot anda.

4. Membakar Lemak

Meskipun terlihat sederhana, ternyata olahraga lempar lembing sanggup mengkremasi lemak. Karena olahraga ini sedikit memerlukan tenaga dalam melempar yang akan mengkremasi lemak anda.

5. Mengurangi Resiko Cedera

Cedera ialah hal yang sering terjadi jikalau melaksanakan olahraga, apalagi yang berat. Tapi apabila anda melaksanakan lempar lembing secara rutin akan menciptakan tubuh anda fleksibel atau elastis yang akan mengurangi tingkat resiko cedera.

6. Membuat Tubuh Kembali Bugar

Melakukan latihan lempar lembing terus - menerus secara rutin, sanggup menciptakan tubuh berkeringat banyak, yang akan menciptakan tubuh menjadi bugar kembali.

: Pengertian Lempar Lembing & Sejarah, Teknik Dasar


Demikianlah artikel hari ini wacana 5 Peraturan dan Manfaat Lempar Lembing [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini semoga berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-atletik-cabang-lempar-lembing
http://gurupenjaskes.com/peraturan-dalam-lempar-lembing
https://olahragapedia.com/peraturan-lempar-lembing

0 Response to "Nih 5 Peraturan Dan Manfaat Lempar Lembing [Lengkap]"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.