Nih Pengertian Senam Aerobik Berdasarkan Jago Dan Sejarah

Materi Penjasorkes Bagian Senam - Artikel kali ini membahas perihal Senam Aerobik. Meliputi: pengertian, dan sejarah.

Senam merupakan satu kata yang tidak aneh lagi bukan bagi anda. Di setiap sekolah sering mengadakan olahraga ini, bisa seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Mengapa sekolah sering mengadakan senam? Karena olahraga ini mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Salah satu manfaat senam yaitu bisa menurunkan berat badan, Apalagi senam aerobik. Dengan gerakan – gerakan yang cepat akan bisa mengeluarkan keringat yang deras dan akan aben lemak – lemak yang ada di dalam tubuh.

Belum lengkap rasanya kalau hanya mengetahui sedikit mengenai senam aerobik. Berikut ini kami akan menjelaskan sedetail dan selengkap – lengkapnya biar anda bisa dengan cepat memahami perihal senam ini.

 Senam merupakan satu kata yang tidak aneh lagi bukan bagi anda Nih Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli dan Sejarah

Pengertian Senam Aerobik

 Senam merupakan satu kata yang tidak aneh lagi bukan bagi anda Nih Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli dan Sejarah
Menurut beberapa para ahli

Dr. Kenneth Cooper

Senam aerobik suatu rancangan gerakan yang dilakukan dengan irama musik untuk membantu memompa oksigen serta denyut jantung.

Jackie Sorensens

Senam aerobik yaitu sebuah aktivitas kebugaran jasmani yang disertai lisan tertawa dengan gerakan berjalan, melompat dan digabungkan dengan tarian.

Marta Dinata

Senam aerobik yaitu gerak yang sudah diatur sedemikian rupa dengan cara mengikuti alunan musik yang dipilih sehingga menghasilkan sebuah ritmis.

FIG (Federation Internationale Gymnastique)

Senam aerobik yaitu kemampuan untuk melaksanakan gerakan yang  kompleks secara kontinyu dengan intensitas tinggi mengikuti contoh pergerakan aerobik musik.

UEG (Union Europeene De Gymnastique)

Senam aerobik kemampuan untuk melaksanakan contoh pergerakan dengan intensitas terus menerus kompleks dan tinggi diiringi musik.

Gymnastic Australia

Senam aerobik yaitu olahraga yang tepat untuk orang yang aktif dengan energy untuk membakar.

New South Wales Gymnastque Association Inc.

Senam aerobik yaitu menggabungkan keterampilan senam dengan tarian dalam serba cepat, menyenangkan dan energik.

Jadi, dari beberapa pengertian senam aerobik berdasarkan para ahli, sanggup kami simpulkan bahwa

Senam Aerobik yaitu olahraga yang dilakukan dengan gerakan – gerakan secara teratur disertai oleh musik yang telah dirancang dan juga harus dibarengi dengan perasaan bangga biar menghasilkan manfaat yang maksimal.
Kenapa dinamakan aerobik? Apakah ada artinya? Aerobik berasal dari kata aero, yang berarti oksigen. Karena senam ini membutuhkan banyak oksigen untuk melaksanakan gerakan – gerakan yang maksimal dan bagus.

Sejarah Senam Aerobik

 Senam merupakan satu kata yang tidak aneh lagi bukan bagi anda Nih Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli dan Sejarah
Dr. Kenneth Cooper, yaitu spesialis fisiologi olahraga yang membuat gerakan – gerakan pada senam aerobik. Sekitar tahun 1970, Kenneth mulai mempopulerkan senam buatannya tersebut di Amerika.

Dulu, nama senam aerobik dinamakan fitaerobik. Senam ini lalu terkenal di seluruh Amerika Serikat dan mulai dilakukan di sekolah – sekolah. Dalam membuat senam aerobik terkenal, Kenneth tidak sendirian, ia dibantu oleh temannya yang berjulukan Kolonel Pauline Potts.

Seiring berjalannya waktu, seorang aktris terkenal Amerika yang berjulukan Jane Fonda mengunggah video gerakan - gerakan pada ketika ia sedang melaksanakan senam aerobik. Senam itu pun semakin popular sampai seluruh dunia.

Akhirnya, pada tahun 1990, dibuat lah IAF (International Aerobics Federation) untuk mengatur seluruh duduk kasus perihal senam aerobik di seluruh dunia.

: 7 Bentuk dan Macam-Macam Gerakan Senam Aerobik


Demikianlah artikel hari ini perihal Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli dan Sejarah. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini biar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi:https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=7-bentuk-dan-macam-macam-gerakan-senam-aerobik
https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=7-bentuk-dan-macam-macam-gerakan-senam-aerobik

0 Response to "Nih Pengertian Senam Aerobik Berdasarkan Jago Dan Sejarah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.